TRIBUNNEWS.COM di Bari-Pimpinan Kelompok Kejahatan Bersenjata (KKB) Gary Kopi, Bupati Mimika, Papua, Hengky Wuamang atau HW (31) tewas setelah dilumpuhkan oleh tim gabungan TNI-Polri. -Ketua Polda Papua Paulus Waterpauw menyatakan daftar pelaku kejahatan yang dilakukan Hengky cukup panjang.

Sebenarnya Hengky tercatat sebagai perancang berbagai penembakan di Tembagapura. Indonesia (PTFI).

Baca: Pimpinan KKB Tertembak Mati di Sayap Sungai Kopi Mimika

“HW yang mengajak beberapa KKB masuk ke Tembagapura di atas gunung. Semuanya siap di areal PTFI, Paulus memberi tahu Jayapura, Senin (17/8/2020).

HW secara pribadi merencanakan dan menerapkan beberapa pengambilan gambar, termasuk pada tahun 2009.

Saat itu, HW pernah menjadi kawasan PTFI dengan rentetan peristiwa penembakan, termasuk penembakan terhadap seorang karyawan PTFI di jarak 52 mil pada 11 Juli 2009. Korbannya adalah orang asing bernama Drew Ncholas Bren.

HW menyandera komunitas PTFI dan karyawan di Kampung Ung. Banti membakar KTP karyawan PTFI di Kampung Kimberly pada 16 Juli 2018, kemudian membakar RS SD dan Banti pada 24 Maret 2018. .

Selanjutnya, HW ditemukan dan direncanakan berada di area Kencana PTFI Kuala Lumpur pada 30 Maret 2020.

Menurut Paulus, sebelum d’ê dilumpuhkan, dipantau apakah HW telah Kembali ke kota. Mendapatkan beberapa kartu KKB dari dataran tinggi tengah Papua untuk mengambil tindakan di area aksi PTFI.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *