Laporan wartawan Tribun Jabar Hilman Kamaludin

Sumeitang TRIBUNNEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Sumeitang mencabut lokasinya di Kabupaten Sumeitang Status cagar budaya rumah tinggal di No. 150 Jalan Geusan Ulun Desa Regol Wetan, Kecamatan Seradan, Sumeton. -Rumah-rumah di sepanjang jalan memiliki struktur bangunan tua terutama cat putih, coklat dan hijau, serta terdapat halaman yang luas dengan rerumputan hijau.

Pencabutan status cagar budaya tersebut dikarenakan penerus pemerintah Kabupaten Sumeitang telah menggugat Pemerintah Kota Bandung (PTUN). Penggugat memenangkan perkara tersebut, dan PTUN memutuskan pada 16 April 2020. Bupati Cece Saefudin (Cece Saefudin) berada di kantornya pada Kamis (16 Juli 2020) saat rapat. A. Karena rumah tersebut memiliki nilai sejarah, maka Pemerintah Kabupaten Sumeitang menetapkan rumah tersebut sebagai rumah bersejarah. Heritage, karena bangunan tersebut memiliki nilai sejarah dan sosial yang menggambarkan bangunan di masa lalu. -Jika melihat bangunannya, Cece menganggap bahwa bentuk bangunan tersebut mewakili bangunan Belanda, dan arsitek bangunan tersebut bukan dari Indonesia hal ini terlihat dari struktur bangunannya.Menurut bukti sejarah, bangunan tersebut dibangun pada masa penjajahan Belanda, karena besi (tiang telepon rumah) juga merupakan produk Itali, bukan produk Indonesia, melainkan produksi Eropa. “,” Jandri Ginting SH.MM.MH, kuasa hukum waris, mengatakan bahwa rumah tersebut memang milik pribadi.

Namun, ketika bangunan tersebut ditetapkan sebagai cagar budaya, pemiliknya tidak menerima pemberitahuan apapun.

“Akibat keputusan sepihak Pemerintah Kabupaten Sumei, ahli waris tidak bisa menikmati hak waris rumah, dan rumah tidak bisa dijual,” kata Gendry. Cagar Budaya Rumah, Berdasarkan Perintah Bupati Sumedang: Jumlah Keputusan Penetapan Klasifikasi Cagar Budaya di Kabupaten Sumedang: 646 / KEP.500- DISPARBUDPORA / 2017.12.28. Pemerintah Bupati Sumedang telah “kalah perkara di pengadilan” sebagai gelarnya dan harus mencabut status cagar budaya cagar budaya

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *