Laporan Reporter Tribunnews.com Hari Darmawan-Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Budi Arie Setiadi, Wakil Menteri Perdesaan, Daerah Miskin dan Urusan Imigrasi, mengatakan dibutuhkan tiga elemen bagi Badan Usaha Milik Daerah (Bumdes) untuk memasuki ekosistem ekonomi digital.

Ia meyakini bahwa ketiga elemen tersebut adalah infrastruktur digital, seperti internet, layanan logistik dan transportasi ke desa, serta platform digital Bumdes. Budi mengatakan dalam webinar Sonora FM, Sabtu (25/7/2020), hanya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bisa masuk ke ekosistem ekonomi digital. -Budi menjelaskan, infrastruktur internet sendiri saat ini mencakup 74.000 desa. Budi menuturkan, masih ada 13.477 desa yang belum bisa mendukung ekonomi digital.

“Jika internet dan infrastruktur lain di desa-desa ini tidak mencukupi, bagaimana UMKM ini bisa masuk ke pasar digital.” Budi juga menyebutkan, UMKM yang menyediakan layanan logistik ke pedesaan masih menjadi kendala, dan perusahaan-perusahaan tersebut berasal dari luar daerah. Butuh waktu lama untuk memesan produk di suatu tempat sedapat mungkin, “kata Budi. Budi melanjutkan, lalu berbicara tentang platform digital dan menyambut pengusaha UMKM ke dalam ekosistem ekonomi digital.

Budi juga mengungkapkan bahwa dirinya saat ini sudah di digital Di bidang ekonomi, Indonesia hanya pasar produk impor. Toko online menyumbang 90% produk impor, dan Indonesia adalah pasar produk tersebut, “kata Budi. Budi juga mengatakan, saat ini jumlah produk impor di toko online mulai turun menjadi hanya 75%.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *