Laporan wartawan TribunJatim.com Kukuh Kurniawan

Malang TRIBUNNEWS.COM-Warga kampung kecil Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang menemukan situs purbakala, Sabtu (03/10 /). 2020) .

Diduga situs purbakala ini berasal dari zaman Kerajaan Singosari.

Warga pertama kali menemukan lokasi tersebut saat ada proyek pembangunan rumah pengsengan di desa kecil Ngenep di kabupaten Karangploso. Lokasi yang ditemukan adalah bangunan bata yang terkubur di dalam tanah. . Ditemukan tembikar, tembikar, dan tembaga.

Baca: Penyanyi Dangdut Singosari Malang Mengaku Ditipu Penanaman Modal Ilegal Hingga Kerugian Rp 350 Juta

Arkeolog Dwi Cahyono dari Universitas Nasional Malang (UM) meyakini bahwa bangunan ini adalah bekas penduduk Kerajaan Singosari. Dari bangunan tempat tinggal yang tersisa.

“Struktur bata ini tidak lepas dari sumber air atau payung yang ada. Khusus bagi masyarakat jaman dahulu, sumber air dianggap penting bagi permukiman,” ujarnya kepada TribunJatim.com. Ia menjelaskan, ukuran batako tersebut tebalnya sekitar 9 sentimeter (cm) dan lebarnya sekitar 20 cm. Camatan Singosari, Bupati Margot. Ia menambahkan: “Dulu kawasan Karangploso merupakan daerah anak perusahaan atau buffer zone Kerajaan Singosari.” Bacaan: Bahaya, Sudah 10 Hari, Pria Pamer Alat Kelaminnya di Malang Belum Ditangkap, dan Polisi Kurang Nasehat-Perumahan Dalam proyek konstruksi, struktur bata tua dengan penjagaan ditemukan untuk mendisinfeksi area tersebut.

Warga juga melaporkan hasil penyidikan tersebut ke Pemerintah Bupati Malang agar bisa dilakukan penelitian lebih lanjut. Dilakukan oleh Balai Warisan Budaya Troubalan Jawa Timur (BPCB).

“Nanti saja yang melakukan penelitian itu BPCB Trowulan. Mau tahu lebih jelas, itu gedung?” Ujarnya.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *