Jakarta, TRIBUNNEWS.COM-Terletak di pinggiran ibukota, memasuki Bekasi, Jawa Barat. Sejauh ini dikenal sebagai Desa Betawi, ia memiliki dua gereja kuno dengan sejarah lebih dari 100 tahun.

Gereja Katolik St. Servatius didirikan pada tahun 1896 dan Gereja Kristen Kampung Sawah Pasundan didirikan sekitar tahun 1874.

Membaca: Makanan vegetarian, jadi pilihan keluarga Doel selama Ramadhan – keharmonisan Kampung Sawah di Bekasi, Jawa Barat mengalir seperti ini dalam kehidupan sehari-hari warganya. Tidak ada kata “bingkai” dalam hubungan dekat yang dibangun antara penduduk Kampung Shawar dari berbagai agama dan suku.

Bagian barat Kampung Sawa dikelilingi oleh Kali Sunter, yang merupakan perbatasan antara Bekasi dan DKI Jakarta.

Baca: Perludem: Perppu di Corona Selama epidemi, kebutuhan pemilihan lokal tidak dapat dipenuhi. Wilayah utara terbatas pada pasar Kecapi, dan wilayah selatan terbatas pada desa Raden dan desa Sawah, sedangkan bagian timur dibatasi oleh Sungai Cakung.

Kebiasaan hidup penduduk Kampung Sawah didasarkan pada Pancasila, mengutamakan persatuan, darah dan keragaman. Tidak ada komunitas agama di Desa Sava yang merasa lebih baik daripada yang lain.

Toleransi sangat besar sehingga mencakup desa sekitar 15 kilometer persegi. Jacob Napiun (64), tokoh masyarakat Kampung Sawa, mengungkapkan bahwa tidak ada yang tahu bahwa Kampung Sawa dikenal karena toleransinya terhadap warga. Ketika Yakub bertemu, dia mengatakan kepada Tribune: “Kisah Kampong Shawar awalnya, ‘Ketika toleransi dimulai di Kampung Shawar, kakekku mungkin tidak bisa menjawab.”

— Generasi yang toleran Turun dari generasi ke generasi. Yakub dan warga lainnya menjadi pewaris dan penikmat toleran dari generasi sebelumnya. Yakub berkata: “Kami memiliki kewajiban untuk mempertahankan dan mempertahankan kehidupan kita saat ini.” – Kebiasaan kerja sama, saling menghormati dan saling menghormati telah menjadi budaya, yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Kampung Sawah.- — Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang Islam dan Ramadhan? Anda dapat mengajukan pertanyaan dan berkonsultasi langsung dengan Ust. Hukum Syariah Zul Ashfi, SSI, Lc

kirim permintaan Anda ke consulting@tribunnews.com

untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi bagian konsultasi Islam Tribunnews.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *