JAKARTA TRIBUNNEWS.COM-Kementerian Desa, Daerah Miskin, dan Imigrasi (Kemendes PDTT) memberikan bantuan khusus kepada BUMDes untuk memulihkan perekonomian pedesaan pasca pandemi Covid-19.

Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, atau yang biasa disapa Gus. Menteri mengungkapkan, hingga saat ini terdapat 51.000 BUMD di seluruh Indonesia.

Akibat imbas Covid-19, BUMDes-BUMDes ini akan direlokasi kembali setelah penangguhan animasinya dalam beberapa bulan terakhir.

“Saat ini kami sedang bekerja keras untuk merevitalisasi mereka melalui berbagai upaya,” kata Menteri Gus dalam keynote speech di webinar yang diselenggarakan Universitas Indonesia, Senin (6 Juni 2020). Presiden DPRD Jatim melanjutkan, dari total 51.000 BUMD tersebut, sekitar 17.571 BUMD sudah didaftarkan ulang ke PDTT Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan bantuan khusus. Dia menambahkan. Tidak hanya itu, selain pendampingan khusus kepada BUMDes, PDTT Kemenkes juga sudah mulai membuka desa wisata yang akan menjadi penopang utama bagi kebangkitan ekonomi pedesaan- “Selain itu kita masih melakukan registrasi desa. Terakhir, industri pariwisata desa wisata didigitalkan. Singkatnya, kedua hal ini sangat penting karena terdapat landasan ekonomi di sana. (*)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *