TRIBUNNEWS.COM-Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Profesor Rully Indrawan mengatakan, pihaknya sedang merumuskan kebijakan khusus bagi koperasi yang menyangkut restrukturisasi kredit bagi anggotanya. -Pada Sabtu (28/3/2020), Rully Indrawan di Jakarta membenarkan bahwa situasi saat ini tidak wajar atau tidak normal. Oleh karena itu, apapun kebijakan ke depan tidak akan memuaskan semua pihak.

“Lepas, mungkin untung tidak lebih besar dari sebelumnya, tapi kalau bisa jangan rugi. Jadi pikirkan begini. Karena kita mencari keseimbangan antara koperasi di antara anggota koperasi,” kata Rully.

Rully menegaskan, pihaknya tidak ingin koperasi bangkrut. Profesor Rully mengatakan: “Koperasi semacam ini membutuhkan sikap yang berbeda dari bank. Karena koperasi itu milik anggotanya sendiri. Kebijakan koperasi sepertinya ditentukan oleh anggota.” Ia mengatakan, pihaknya akan memberikan jaminan secepatnya.

Di saat yang sama, Direktur Utama LPDB KUMKM Supomo menjelaskan, pihaknya sudah mulai menghitung atau merevisi apa yang dikatakan Presiden Jokowi.

Supomo mengatakan: “LPDB akan mementingkan koperasi. Sebagai partner relaksasi. Misalnya restrukturisasi terkait masalah keterlambatan pembayaran.”

Bagi Supomo, LPDB dapat terus mempertimbangkan untuk menghubungi OJK.

Jadi Lakukan hal-hal yang berhubungan dengan masalah relaksasi. “Jangan khawatir, kami akan pertimbangkan di mitra kami. Untuk situasi saat ini, tidak ada keuntungan yang tidak masuk akal. Intinya, LPDB siap membuat mitranya lebih fleksibel,” kata Supomo.

Di saat yang sama, Rulli Nuryanto, Perwakilan Urusan Badan Kementerian Koperasi dan UKM, mengakui saat ini masyarakat sedang melakukan evaluasi terhadap koperasi. Apakah koperasi ini menganut prinsip selalu repetisi yaitu dari satu anggota ke anggota lainnya dapat berjalan, benarkah demikian? “Karena hubungan koperasi dengan anggotanya berbeda dengan hubungan bank dengan nasabah,” kata Rulli. -Rulli menambahkan, beberapa koperasi sudah melakukan langkah sosialisasi dengan anggotanya untuk menghadapi situasi ini bersama-sama. Jika tidak, pesanan akan disiapkan untuk membantu perencanaan.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *