TRIBUNNEWS.COM-Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong berharap bahwa perusahaan Indonesia dapat menggunakan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk membantu orang-orang yang berjuang dalam bencana pandemi COVID-19. Kata Wakil Perdana Menteri Alue Dohong dalam keynote speech pada acara CSR Awards 2020 di Jakarta (29 Juli 2020).

Anggota Parlemen Alue Dohong dalam pidatonya mengatakan bahwa pandemi COVID-19 telah menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah di seluruh dunia telah merumuskan berbagai kebijakan untuk memudahkan perusahaan bertahan.

Kementerian LHK sendiri telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 5 tahun 2020. Surat ini memberikan perusahaan dengan fasilitas manajemen, pemantauan, pelaporan dan pemberian. “Fasilitas ini harus membantu komunitas bisnis tetap optimis. Tentang cara bertahan hidup dan mengatasi kantuk yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, “kata Wamen Alue Dohong.

Mengenai tanggung jawab sosial perusahaan, Wamen Alue Dohong mengatakan bahwa pertanyaannya bukan lagi apakah perlu melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi bagaimana merumuskan rencana tanggung jawab sosial perusahaan untuk membawa manfaat ekonomi dan harmoni sosial atau lingkungan bagi perusahaan dan konsumen. Wamen Alue Dohong berharap CSR perusahaan dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam menghadapi situasi tanggap bencana seperti pandemi COVID-19.

Dengan mengevaluasi rencana kinerja perusahaan atau KLHK yang dikenal dengan PROPER, Wakil Menteri Alue Dohong mengatakan: “Oleh karena itu, PROPER akan menentukan kepekaan dan daya tanggap perusahaan terhadap bencana dengan mengevaluasi semua aspek kewenangan masyarakat.” Oleh karena itu, PROPER akan menilai apakah perusahaan merespons dan memberikan manfaat kepada masyarakat jika terjadi bencana. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menjalin kemitraan dengan Asosiasi Pengusahaan Hutan Indonesia (APHI), Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), sejumlah perusahaan pertambangan dan pupuk, serta pengusaha phytotherapy dan pihak swasta lainnya untuk melayani masyarakat bersama. Berbagai kegiatan meliputi desinfeksi dan pendistribusian sembako. Hubungi dan bantu berikan alat pelindung diri kepada masyarakat dan pekerja layanan kesehatan.

Wakil Menteri Alue Dohong (Alue Dohong) mengucapkan terima kasih atas penerapan Penghargaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terbaik 2020 di akhir pidatonya. Pertahankan profesionalisme dan inovasi di masa-masa sulit seperti itu.

CSR Award diselenggarakan oleh salah satu media terbitan PT Madani Solusi Internasional (atau MSI Group) yaitu majalah “Top Business”. Tema TOP CSR Award 2020 adalah peran strategis CSR dalam pemulihan ekonomi nasional di bawah normal baru.

Bapak Lutfi Handayani, kepala penyelenggara TOP CSR Award 2020, menjelaskan bahwa direktur editorial majalah Top Business menyatukan 120 perusahaan. Jumlah finalis dari 200 perusahaan dan 72 finalis dari 150 perusahaan meningkat dari tahun sebelumnya.

Perusahaan pemenang antara lain Kideco Jaya Agung, Geo Dipa Energi, Pengerukan Indonesia (Rukindo), Teknik Industri, PLN, Kereta Indonesia Api, Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Indonesia Pelabuhan IV, Borneo Indobara, Indonesia Pelabuhan I dan Pupuk Indonesia. Selain perusahaan-perusahaan di atas, perusahaan lain juga telah meraih Penghargaan CSR Terbaik 2020.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *