TRIBUNNEWS.COM-Perkembangan kegiatan pengelolaan limbah B3 tidak lepas dari file inventaris guna meminimalisir kecurangan dalam perpindahan limbah. Sesuai dengan Arahan Transformasi Digital Presiden Republik Indonesia dalam Ratas tanggal 3 Agustus 2020, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah mentransformasi sistem pengangkutan limbah B3 dari manual / kertas deklarasi menjadi deklarasi elektronik. (FESTRONIK) .

Aplikasi FESTRONIK 2020 adalah aplikasi yang terus diperbarui yang dirancang untuk memungkinkan pengangkutan limbah B3 hingga pembuangan akhir terdeteksi dengan benar.

Baca: Kisah Tiga Malaikat Kecil Melawan Penyakit – Sesuai Peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.4 / Menlhk / Setjen / Kum.1 / 1/020 Tentang Pengangkutan Bahan Berbahaya dan Beracun, Mulai 2020 Penggunaan FESTRONIK harus diwajibkan mulai 1 Agustus. -Dari perspektif ini, sistem online / digital juga berlaku sejak tahun 2016, untuk limbah B3 yang dilaporkan oleh penghasil limbah, dan aplikasi pelaporan triwulanan untuk kinerja Pengelolaan Limbah B3 (SIRAJA). Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3.

“Sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengangkutan Limbah B3, KLHK telah bertransisi menjadi Deklarasi Elektronik (FESTRONIK). Guna mempercepat integrasi pusat data nasional, FESTRONIK bekerjasama dengan aplikasi laporan kinerja pengelolaan limbah B3 SIRAJA terintegrasi. Oleh karena itu, satu akun dapat digunakan untuk melihat pergerakan jumlah limbah B3 mulai dari produksi, pengangkutan hingga pengelolaan akhir secara real time, ”kata Rosavivien Ratnawati, General Manager Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta (7/8).

Baca: Tidak ada pensiun! Sebutan gantung pot itulah yang ingin Sisca Soewitomo manfaatkan. Badan usaha dan / atau kegiatan penghasil limbah B3 harus memiliki akun pengelolaan limbah B3. Untuk perusahaan dan / atau acara yang Anda tidak memiliki akun, KLHK akan mempercepat waktunya dari 3 Agustus 2020 hingga 2020, 14 dengan mengisi formulir pendaftaran online. Negosiasi tatap muka, sembari fokus pada kesepakatan COVID-19 yang digelar di The Hive, Best Western Boutique Hotel, dan dijelaskan Sinta Saptarina Soemiarno, Direktur Evaluasi Kinerja Pengelolaan Limbah B3 dan Non B3 KLHK.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *