JAKARTA TRIBUNNEWS.COM-Di tengah kesibukannya, Menteri Sosial Juliari P. Batubara berkesempatan mengikuti pameran foto yang diselenggarakan oleh Dinas Humas. Tidak kurang dari 226 foto dipajang di gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial RI. -Mensos didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras mengamati dengan cermat foto-foto 25 fotografer Kementerian Sosial tersebut. Menteri Sosial Sesekalli berdiri dan melihat satu atau dua foto. Di tempat lain, ayah dua anaknya ini berkomentar: -Mensos menunjukkan foto dirinya sedang mengarungi banjir di kawasan Jatinegara timur Jakarta. Di desa yang tergenang banjir, warga melihat Menteri Sosial berjalan di atas perahu karet.

“Tanpa anak ini, gambar ini sangat menarik. Karena dia ada di sana, kami dapati airnya sangat dangkal,” lanjut Mensos sambil tersenyum. Anak-anak yang dimaksud adalah anak-anak warga desa yang menyaksikan aktivitas Menteri Sosial saat mereka terendam banjir. -Mensos dan istrinya Grace P. Batubara tampak puas dan terhibur dengan ekspresi berbeda yang tertangkap melalui lensa foto. “Ya, ini sebenarnya evaluasi kinerja departemen. Menteri Sosial mengatakan:“ Dari foto-foto ini kita bisa melihat bagaimana Kemensos hadir dalam berbagai situasi, termasuk situasi bencana. … Menurutnya, foto-foto ini adalah bukti dedikasi abadi untuk urusan sosial. Kementerian Sosial terlibat dalam pengelolaan perlindungan sosial. Foto-foto ini membuktikan kedatangan pemerintah dan menunjukkan bahwa kami telah melakukan beberapa pekerjaan untuk negara ini.

Di sisi lain, ia mengatakan, pameran foto juga menjadi wahana bagi sumber daya manusia Kementerian Sosial untuk berekspresi di Beijing. Bidang humas khususnya bidang fotografi. Menteri Sosial berkeyakinan bahwa foto-foto hasil jepretan fotografer Kementerian Sosial tidak kalah dengan fotografer profesional. “Foto-foto ini sangat bagus. Menurut saya kualitasnya tidak kalah dengan fotografer profesional,” ujarnya.

Sebelum pameran fotografi kesejahteraan sosial dengan tema “Menos Gift”, ada sesi foto di sebuah klinik terbaring di tempat tidur yang dihadiri oleh fotografer profesional dan mantan reporter senior. Atas nama koran harian Kompas yaitu Arbain Rambey. (*)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *