TRIBUNNEWS.COM, BATAM-CQ Tata Usaha Maritim Kementerian Perhubungan, melalui Badan Administrasi Umum Navigasi dan Kelautan, menjelang Natal dan Tahun Baru, di Kepulauan Riau Batam akan dilakukan pengambilan sampel kapal penumpang untuk uji keselamatan maritim pada 2021. -Sampling dilakukan di empat pelabuhan Pulau Batam yaitu Batam Center, Batu Ampal, Sekubang dan Punggol mulai tanggal 2 hingga 4 Desember 2020.

Pemeriksaan pengambilan sampel dilakukan secara bersama-sama oleh tim pengambilan sampel Administrasi Umum Navigasi dan Kelautan.Tim tersebut terdiri dari Wahyu Ardhianto, Kepala Seksi Pencegahan Pencemaran dan Manajemen Keselamatan Kargo dan Kapal Kontainer, serta Operasi Khusus Batam yang dipimpin oleh Direktur Kelautan dan Kapten. Tim pengambilan sampel KSOP. Akbar Ferry

Tim sampling memeriksa dan mengambil sampel 5 (lima) kapal penumpang KMP. Tanjung Uban milik Tandemand Telaga Punggur-PT. ASDP (Persero), KMP. Jalan Swarna Bengawan Telaga Punggur-Tanjung Uban milik PT. Jembatan Nusa Tara, KMP. Rute Malaysia milik Dumai Express II-PT di Batam. Ekspedisi Citra Adiartha, KMP. PT memiliki Dumai Line 3. Palindo Marine dan KMP. Oceanna 1 Batam Road-Tanjung Balai Karimun.

“Pemeriksaan klasifikasi merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Tujuannya untuk memeriksa status hukum kapal, keselamatan kapal, manajemen, keselamatan kapal, pencegahan pencemaran dan Awak kapal, uji beberapa jenis peralatan keselamatan dan navigasi kapal, “kata Kapten Hermanta:” Direktur Navigasi dan Kemaritiman di Jakarta (12 April 2020) -Pelaksanaan uji sampel bertujuan untuk memastikan seluruh ‘Indonesia’ ‘Kapal penumpang di atas kapal akan dapat digunakan dengan benar dan aman oleh penumpang selama Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Kegiatan kelaikan udara dan pengambilan sampel mengikuti petunjuk Direktur Administrasi Umum Angkutan Laut HK.211 / 5/16 / DJPL / 2020 Pada 16 November 2020, menyangkut inspeksi maritim kapal penumpang selama Natal 2020 dan Natal 2021. Pada pandemi Covid, jumlah penumpang beberapa kapal di Batam sudah sangat berkurang, bahkan ada beberapa kapal. Kapal ditangguhkan karena kekurangan penumpang, termasuk kapal penumpang dari Batam menuju Singapura dan Malaysia.Menurut hasil pemeriksaan dan pengambilan sampel kapal penumpang di Batam, tim sampling menunjukkan bahwa meskipun masih terdapat beberapa temuan kecil, perlu diperhatikan agar kapal penumpang dalam kondisi baik. Layak laut, namun disarankan segera diselesaikan dan diperbaiki.Kapal dan perusahaan misalnya menerapkan prosedur preventif dan pengobatan bagi penumpang terkait penyebaran virus Covid-19 di kapal. -Sebelum libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Permasalahan dan kekurangan yang ditemukan pada kapal penumpang akan segera diteruskan kepada pemilik kapal untuk segera ditindaklanjuti dan diperbaiki.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *