Jakarta, TRIBUNNEWS.COM-Indonesia merupakan negara kepulauan dengan letak geografis yang sangat unggul Peranan transportasi laut sangat strategis, karena pergerakan orang dan barang dari satu pulau ke pulau lainnya terutama dengan menggunakan kapal.

Meski masyarakat Indonesia masih harus mengatasi pandemi COVID-19, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan terus bekerja keras memastikan kestabilan pasokan logistik nasional, terutama pengangkutan komoditas curah dan komoditas strategis lainnya yang disediakan melalui laut. Perbatasan, terpencil, tertinggal dan perbatasan (3TP). Tentunya hal ini untuk mendukung operasional perekonomian nasional.

Kementerian Perhubungan telah mengambil tindakan melalui Administrasi Umum Angkutan Laut untuk memastikan kelancaran pasokan logistik nasional. Langkah tersebut antara lain menjaga pengoperasian pelabuhan dan angkutan laut, khususnya kapal kargo atau kapal kargo, dengan tetap mengutamakan keselamatan angkutan laut dan memastikan bahwa setiap orang yang terlibat dalam kegiatan logistik tetap menerapkan peraturan sanitasi. Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. RI Joko Widodo dan Menteri Perhubungan, meski Indonesia belum mengambil tindakan dalam menghadapi pandemi Covid-19, perekonomian tidak boleh berhenti. Managing Director Agus mengatakan saat menjadi pembicara virtual pada forum diskusi online jurnalis transportasi (Forwahub) yang diadakan di Jakarta, Selasa (15/9/2020) :. -Menurutnya, operasional pelabuhan merupakan salah satu kunci kelancaran logistik nasional. Dalam operasionalnya, semua pelabuhan harus tetap menerapkan prosedur operasi standar (SOP) berbasis protokol untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, seluruh pelabuhan di Indonesia dipersiapkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik terutama untuk kapal-kapal yang mengangkut barang dan logistik lainnya, sehingga selalu menjamin ketersediaan logistik angkutan laut.

Melihat situasi tersebut, Dirut Agus mengatakan pihaknya memiliki sikap yang cukup baik terhadap kawan-kawan di sektor pelayaran, sehingga situasi saat ini dapat semakin mendorong perkembangan industri pelayaran. Fasilitas yang nyaman memungkinkan semua logistik transportasi berjalan selancar mungkin.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *