JAKARTA, TRIBUNNEWS.COM-Dalam rangka memenuhi ketentuan Perpres Nomor 17 Tahun 2008, Perpres tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengawas ketenagakerjaan maritim dan kualitas keselamatan boarding dan navigasi, sehingga meningkatkan keselamatan angkutan laut oleh Kementerian Keselamatan dan Transportasi Navigasi Maritim. Melalui Center for Excellence Planning (SSI-COE), perusahaan kembali mengadakan pelatihan tambahan terkait Maritime Labour Convention (MLC) tahun 2006 yaitu Konvensi Pelatihan Pengawas Ketenagakerjaan Maritim. – Direktur Keselamatan Navigasi dan Urusan Maritim Kapten Hermanta berbicara dalam sambutan yang dibacakan oleh Kapten Diaz Saputra, Direktur Divisi Keselamatan Kapal, menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pengawas ketenagakerjaan maritim merupakan saat yang tepat untuk maju dan menjadi yang terdepan dalam penyempurnaan peraturan. Dan penggerak utama dari kualitas kebijakan, terutama dalam pekerjaan para pelaut yang baik hati sebagai penjaga samudra yang merupakan mesin penggerak perekonomian dunia, Kapten Omy Diaz mengungkapkan bahwa sejak pemerintah mengeluarkan peraturan general manager pelayaran HK. 103/3/13 / DJPL-18 Terkait dengan diterbitkannya sertifikat tenaga maritim, sebanyak 417 kapal berbendera Indonesia telah disertifikasi oleh MLC 2006 dan telah berlayar di zona internasional.

“Pelatih pelatihan Pengawas Ketenagakerjaan Maritim adalah salah satu kontribusi pemerintah, menurut standar MLC untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi awak kapal Indonesia dalam hal hak upah, kondisi kerja, asuransi kesehatan, kondisi kerja, dll.,” Diaz Kata sang kapten pada acara pelatihan inspector-trainer Maritime Labour Convention (MLC) yang diadakan di Jakarta pada Rabu, 21 Oktober 2020. Persetujuan pemerintah terhadap Maritime Labour Convention (MLC) pada tahun 2006 membuktikan hal ini. Mengenai ratifikasi Konvensi Buruh Maritim 2006, Republik Indonesia No. 15 tahun 2016, yang mencakup pembelaan iterasi efektif dan perlindungan hak-hak pelaut Indonesia yang bekerja di kawasan internasional.

Sebagai referensi, SSI-COE Ship Safety Inspection Center of Excellence Merupakan organisasi yang dibentuk oleh General Administration of Shipping didukung oleh Australian Maritime Safety Authority (AMSA) pada tahun 2019 untuk melakukan pelatihan selama 3 (tiga) hari dengan jumlah peserta 35. Pelatihan terdiri dari karyawan dari Biro Navigasi dan Maritim, KPLP dan KSOP , Berpartisipasi dalam webinar secara langsung dibagi menjadi 5 bagian, yaitu, persyaratan minimum pelaut untuk bekerja di kapal, kondisi kerja, akomodasi, fasilitas rekreasi, diet, perlindungan kesehatan, perawatan medis, perlindungan kesejahteraan dan jaminan sosial, penghormatan dan penerapan. – Pembicara dari pelatihan ini adalah Paul MacGillivary (konsultan teknis ahli SSICOE), pembicara tamu dari MLC International Training Center BIT (ITC Turin), David Penny (ISS Chief Technical Consultant-COE) 30 tahun keselamatan kapal Periksa ahlinya. Di Australia dengan bantuan Kapten Suratno dan Kolonel Dini Novitasari. (*)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *