Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Menteri Sumber Daya Manusia Ida Fauziyah resmi meluncurkan senam tenaga sehat di Zona Linkage Nusantara (KBN) di Maruda, Jakarta Utara pada Selasa (25 Agustus 2020). Peluncuran ditandai oleh Sekretaris Tenaga Kerja Ida menekan tombol sirene dan melakukan senam bersama.

Menteri Tenaga Kerja Ida a dalam sambutannya menyampaikan bahwa Senam Pekerja Sehat merupakan bagian dari rangkaian prosedur Gerakan Pekerja Sehat (GPS). Pekerja, pada gilirannya, meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

“Guna memaksimalkan manfaat senam jasmani bagi tenaga kesehatan maka kegiatan ini harus dilakukan secara rutin.” Penanggung jawab Disnaker menjelaskan bahwa GPS merupakan salah satu metode implementasi K3 dalam pekerjaan dinas kesehatan, dengan tujuan untuk pelatihan Hidup sehat di tempat kerja.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mendorong perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan aktivitas fisik / aktivitas fisik di tempat kerja. pekerjaan. Salah satu bentuk senam adalah senam bagi pekerja sehat di tempat kerja.

“Budaya tempat kerja yang sehat juga dapat diwujudkan di tempat kerja bebas rokok melalui deteksi dini penyakit pada pekerja dan pemberian ASI di tempat kerja,” ujarnya.

Dalam rangka mendukung pencegahan dan pengendalian Covid-19 di tempat kerja, aktivitas GPS harus menciptakan budaya yang sehat. Hidup, tempat kerja yang aman, dan produktif serta mudah beradaptasi dalam kondisi normal baru

dia juga mengatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan mendorong berbagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di perusahaan, Termasuk promosi “gaya hidup bersih dan sehat, pelaksanaan pelatihan kebersihan dan laboratorium, pemeriksaan suhu tubuh, jarak tubuh, penggunaan APD, penerapan standar dan prosedur kesehatan kerja, dan ingat untuk sering mencuci tangan dengan sabun atau disinfektan.

“Selain mendorong penegakan perlindungan ketenagakerjaan dan kelangsungan usaha agar dapat beroperasi secara aman, sehat dan produktif, upaya tersebut juga merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas. Ia mengatakan:“ Sesuai dengan UU Sumber Daya Manusia Nomor 13 Tahun 2003 lalu Ketentuan Undang-Undang Keselamatan Kerja Nomor 1 Tahun 1970. Kali ini, Menaker Ida secara simbolis menyemprotkan disinfektan di sekitar KBN Marunda dan membagikan alat pelindung diri (masker, hand sanitizer, dan masker wajah) sebagai bentuk mulai menerapkan penanggulangan Covid-19 di tempat kerja. Dilengkapi dengan pemeriksaan kesehatan karyawan, seperti pemeriksaan cepat, pemeriksaan darah rutin dan pemeriksaan rontgen tenaga kerja. (*)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *